Intip 7 Tips Nyaman dan Aman Mendaki Gunung Ala Backpacker

Intip 7 Tips Nyaman dan Aman mendaki gunung Ala Backpacker

Gunung-gunung di Indonesia mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.  Bagi kamu pecinta wisata yang akan mendaki gunung, tentu harus mengetahui segala sesuatu yang harus dipersiapkan. Apalagi buat kamu yang masih pemula atau belum pernah mendaki gunung, alangkah baiknya jika mengetahui tips-tips berikut ini.


1. Persiapkan fisik dan mental


Persiapkan fisik dan mental

Dalam mendaki gunung,kamu akan membutuhkan energi yang cukup banyak untuk itu persiapkan fisikmu dari jauh-jauh hari. Jaga kondisi badan agar tetap fit sampai hari disaat kamu mendaki. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan mentalmu, karena kamu akan pergi mendaki dengan perbekalan seadanya. Kamu juga akan menghadapi kondisi dimana seorang pendaki yang mendaki gunung dengan kondisi cuaca dan lingkungan apapun. Maka persiapkanlah dirimu

 2. Perbekalan yang cukup


Perbekalan cukup

Dalam berpergian jauh pasti membutuhkan perbekalan yang cukup. Begitu juga dengan mendaki gunung. Apalagi jika kamu mendaki gunung yang berbeda pulau, pasti membutuhkan perbekalan yang banyak. Untuk itu kamu harus menyiapkan perbekalan mulai dari peralatan mendaki hingga kebutuhan logistik. Kamu juga harus mengatur biaya yang perlu dikeluarkan saat akan mendaki.

3. Membawa kartu identitas dan alat komunikasi


Membawa kartu identitas dan alat komunikasi

Ini sangat penting apabila terjadi sesuatu hal yang buruk bagi kamu. Alat komunikasi yang dimaksud adalah Hoky Talky. Contohnya jika tersesat, kamu dapat menghubungi temanmu dengan menggunakan sinyal HT. Selain itu kartu identitas seperti KTP juga penting apabila kamu tersesat dan dalam keadaan pingsan agar seseorang bisa mengetahui identitasmu.

4. Saling bertegur sapa sesama pendaki


Saling bertegur sapa sesama pendaki

Hal ini lumrah apabila seseorang yang berpapasan saling bertegur, atau paling tidak menyapanya. Selain untuk mernghromati dan menjaga kesopanan antar pendaki, hal ini dapat membantu kamu apabila kamu tersesat. Orang yang bertegur sapa tadi akan mencoba membantu memberi informasi tentang keberadaan seseorang karena telah mengetahui atau setidaknya mengenal nama dan wajahnya.

5. Lindungi teman wanitamu


Melindungi teman wanita

Apabila  kamu mendaki bersama teman-temanmu dan salah satu temanmu adalah seorang wanita, maka lindungilah dirinya. Setidaknya kamu selalu bertanya tentang keadannya. Hal ini tidaklah berlebihan karena tenaga seorang wanita berbeda dengan tenaga seorang pria. Apabila dia terlihat lelah maka bawakanlah tasnya. Jika tidak, cobalah mengalah untuk istirahat sejenak. Janganlah membiarkan seorang wanita berada di barisan paling belakang saat pendakian.

6. Hilangkan sikap egois dan tanamkan kebersamaan


Hilangkan sikap egois dan tanamkan kebersamaan

 Mendaki tidak hanya bertujuan untuk mencapai puncak saja tetapi juga menumbuhkan sikap kebersamaan terhadap teman. Disaat mendaki, kamu dituntut tidak egois atau mementingkan diri sendiri. Kamu juga harus memikirkan teman-teman yang ada disekitarmu. Berbagilah dengan teman dan jangan pernah meninggalkannya sendirian.

 7. Taati aturan yang ada saat di lokasi gunung

Taati aturan yang ada di lokasi gunung


Hal seperti inilah yang sering diabaikan oleh kebanyakan pendaki terutama pendaki Indonesia. Janganlah meninggalkan sampah sembarangan. Lebih baik pungut sampahmu dan janganlah merusak atau mengambil sesuatu seperti tanaman edelwis. Selain itu, kamu juga harus menjaga tata krama dan tidak berkata kotor.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
ad
admin
February 16, 2017 at 1:04 AM ×

Infonya menarik sekali :)

Reply
avatar
blog jetbom
admin
February 18, 2017 at 5:37 PM ×

ntaps infonya bermanfaat gan :)

Reply
avatar