Panorama Indah dari Atas Gunung Rinjani di Lombok

  

  Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci. Gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini mempunyai ketinggian 3.726 m di atas permukaan laut. Gunung ini termasuk dari bagian Taman Nasional Gunung Rinjani yang luasnya mencapai 41,3 ha. Banyak para pendaki gunung yang menjadikan Gunung Rinjani menjadi tempat pendakian favorit tak terkecuali pendaki asal jawa. Karena disini kamu akan menemui keindahan kaldera dan danau segara anakan yang membuat pendakianmu tak lagi merasa lelah.

Jalur pendakian

Terdapat 3 jalur pendakian resmi untuk kamu yang mau mendaki


Jalur Sembalun

Rute yang dilalui mulai dari Mataram-Gerbang Sembalun Lawang-Pelawangan Sembalun-Gunung Rinjani-Danau Segara Anak
Kira-kira trek tersebut ditempuh 15-18  jam


Jalur Torean

Rute yang dilalui mulai dari Mataram-Desa Torean-Kali Tiu-Plawangan Torean
Kira-kira trek tersebut ditempuh 15 jam


Jalur Senaru

Rute yang dilalui mulai dari Mataram-Senaru-Pelawangan Senaru-Danau Segara Anak Pelawangan Sembalun-Puncak Rinjani
Kira-kira trek tersebut ditempuh 15-18 jam

Bila kamu ingin mendaki Gunung Rinjani, persiapkan biaya untuk mendaki gunung dulu, rata-rata biaya Jakarta sampai Gunung Rinjani sebesar Rp 900.000/orang dalam 4 hari pendakian.

Pesona Gunung Rinjani

     Puncaknya yang memliki pemandangan begitu menyejukan hati membuat pendaki berlomba-lomba untuk mendaki Gunung Rinjani. Terlebih lagi menjadi suatu kebanggaan tersendiri apabila telah mencapai puncak tertingginya. Saat mendaki, kamu akan disuguhkan hamparan padang savana yang eksotis Di puncak, kamu juga bisa melihat Pulau Lombok, Bali, dan Sumba dari ketinggian 3726 mdpl.

Mitos Gunung Rinjani

  Percaya atau tidak, masyarakat Lombok menyakini bahwa terdapat penguasa di Gunung Rinjani yang bernama Dewi Anjani. Ia dulunya seorang putri raja yang menghilang di sebuah mata air Mandala karena ayahnya tidak menyetujui pernikahan Dewi Anjani dengan kekasihnya.

  Gunung Rinjani juga digunakan oleh masyarakat tarekat untuk beribadah menyempurnakan ilmu-ilmu kebatinan. Di Danau Segara Anak juga dilakukan pemandian keris dan senjata untuk mengetes kekuatannya.


  Persiapkan segala hal bagi kamu yang ingin mendaki Gunung Rinjani dan jangan lupa cari-cari referensi tentang Gunung Rinjani.


Previous
Next Post »