Wisata Candi Terlengkap Ada di Prambanan

Wisata candi terlengkap ada di Prambanan


Wisata Candi Terlengkap Ada di Prambanan - Siapa sih yang nggak tahu Candi Prambanan? Candi Prambanan merupakan candi hindu terbesar di Indonesia dan terindah di Asia Tenggara.

Kenapa saya bilang kalau wisata candi terlengkap disa kamu temui di Candi Prambanan? Karena kamu juga bisa mampir ke beberapa candi eindah lainnya yang berdekatan dengan Candi Prambanan. Yaitu Candi Bubrah, Sewu, Plaosan, Kalasan, Lumbung, Sari, Sojiwan, Barong, Ijo, Banyunimbo, dan Ratu Boko. Candi Prambanan juga terletak tidak jauh dengan Candi Borobudur yang berada di Magelang.


Letak Candi Prambanan

Bagi kamu yang ingin berlibur  ke Candi Prambanan, akan saya beritahu lebih jelas lokasinya. Letaknya berada di Kecamatan Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Candi Prambanan bisa ditempuh dengan Bus Trans Jogja jalur A1 dari Jalan Malioboro dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.


Sejarah Candi Prambanan

Candi yang merupakan salah satu situs warisan dunia ini dibangun pada aba 9 M dan sampai saat ini masih terawat dengan baik. Candi ini juga biasa dikenal dengan nama Candi Roro Jonggrang, karena konon candi ini dibangun oleh Bandung Bondowoso untuk mempersunting Roro Jonggrang. Roro Jonggrang meminta untuk dibuatkan 1000 candi namun Bondowoso hanya membuat 999 candi. Maka Roro Jonggrang dikutuk menjadi batu untuk dijadikan candi yang ke 1000.  Namun pada kenyataannya candi ini hanya berjumlah sekitar 240 candi.


Harga tiket masuk dan jam operasional

Jam operasional candi Prambanan dari pukul 06.00-1700 WIB. Namun untuk masuk ke komplek Candi Prambanan akan dikenakan tarif masuk. Tarif masuk terbaru Candi Prambanan untuk orang dewasa sebesar Rp. 30.000 dan anak-anak Rp. 12.500. Namun untuk wisatawan mancanegara tarif masuknya lebih mahal. Untuk orang dewasa sebesar $18 dan anak-anak hanya $9. Dengan tarif tersebut kamu sudah dapat masuk ke museum untuk melihat sejarah Candi Prambanan dan melihat-lihat relief yang ada di Candi Prambanan.


Even keren yang ada di Candi Prambanan

            Tak kalah dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan juga memiliki even-even keren setiap tahunnya. Mulai dari Prambanan Jazz dan Ramayanan Ballet. Apa sih Prambanan Jazz itu? Prambanan Jazz merupakan festival musik jaz internasional yang diselenggarakan setiap tahun di pelataran Candi Prambanan. Prambanan Jazz sendiri dimulai sejak tahun 2015 dan diselenggarakan di pertengahan bulan Agustus. Harga tiketnya pun bervariasi, mulai dari 200 ribu sampai 5,5 juta.

     Yang tak kalah keren ada Ramayana Ballet yang diselenggarakan di pelataran dengan latar belakang Candi Prambanan. Ramayanan Ballet sendiri merupakan pertunjukan antara gabungan tarian dengan drama. Festival ini pun sudah dari tahun 1961 di selenggarakan dan rutin setiap tahunnya. Jadwal pagelarannya yaitu setiap hari selasa, kamis, sabtu, pukul 19.30-21.30 WIB. Dengan panggung terbuka pada bulan Mei-Oktober dan panggung tertutup di gedung Trimurti bulan November-April. Harga tiketnya pun cukup terjangkau muali dari harga 110 ribu.

    Bagaimana? Semakin tertarik kan dengan Candi Prambanan. Bagi kamu yang masih penasaran bisa langsung berkunjung ke Candi Prambanan.

Previous
Next Post »