Keindahan Kawah Putih Ciwidey di Bandung

                 
Keindahan Kawah Putih Ciwidey di Bandung

                  Keindahan Kawah Putih Ciwidey di Bandung - Kawah Putih merupakan danau dari Gunung Patuha yang menjadi tempat wisata di Bandung yang cukup terkenal. Tepatnya terletak di kawasan Ciwidey, 45 km dari pusat Kota Bandung. Sesuai dengan namanya, tanah disini berwarna putih karena bercampur dengan belerang. Air danaunya juga berwarna putih kehijauan. Kadang-kadang air di kawah ini juga dapat berubah warna karena kadar belerang yang terkandung didalamnya. Hal ini membuat daya tarik pengunjung untuk melihat Kawah Putih secara langsung.


Letak Kawah Putih

                Kawah putih terletak dekat dengan objek wisata Situ Patenggang berjarak kira-kira 5 km. Kawah ini berada pada ketinggian 2220 m dari permukaan laut. Hal ini membuat kondisi di sekitar kawah menjadi sejuk dengan suhu rata-rata 15 derajat Celcius. Untuk kamu yang ingin wisata ke kawah putih, bisa menempuh 2,5 jam perjalanan naik kendaraan dari pusat kota Bandung.

Asal mula munculnya Kawah Putih

                Pada abad ke 10 M terjadi letusan yang sangat besar oleh Gunung Patuha. Hal ini menyebabkan munculnya dua kawah yaitu Kawah Saat yang berada di sebelah barat dan Kawah Putih yang terdapat di ketinggian yang lebih rendah.

Misteri Kawah Putih

                Gunung Patuha dikenal sangat angker oleh masyarakat sekitar. Patuha sendiri berarti “pak tua” yang artinya merupakan gunung tertua di jawa. Konon di puncak Gunung Patuha menjadi tempat berkumpulnya makhluk-makhluk halus. Tak sedikit masyarakat yang melihat penampakan se ekor domba berwarna hijau lumut yang diyakini merupakan peliharaan makhluk halus tersebut. Zaman dahulu juga diceritakan bahwa burung yang terbang melintasi kawasan tersebut akan jatuh dan mati.

 Harga tiket masuk dan jam operasional

                Harga tiket masuk ke tempat wisata Kawah Putih Ciwidey tergolong terjangkau untuk kamu yang ingin berlibur. Untuk wisatawan lokal akan ditarik tiket sebesar Rp. 20.000/orang. Sedangkan bagi wisatawan mancanegara di tarik tiket sebesar Rp. 50.000/orang. Bagi kamu yang pergi ke sana bersama keluarga menggunakan kendaraan mobil akan dikenai tarif Rp. 150.000 dan motor Rp. 35.000 di area parkir atas atau dekat kawah. Sedangkan di are parkir bawah atau dekat gerbang, mobil dikenai tarif Rp. 6.000, motor Rp. 5000 dan bus Rp. 25.000.Jika kendaraanmu parikir di area bawah, maka untuk ke lokasi kawah harus mengendarai ontang-anting (angkutan wisata) dengan tarif Rp. 15.000/orang pulang pergi. Bagi kamu yang ingin prewedding disini juga bisa lho dengan tarif Rp. 500.000. Jam operasional Kawah Putih mulai dari 07.00-17.00 WIB.

Fakta unik Kawah Putih

                Di sekitar Kawah Putih terdapat kuburan leluhur zaman dahulu yaitu Eyang Ronggo Sadena, Eyang Baskom, Eyang Jaga Satru, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Camat, dan Eyang Jambrong. Mitos domba berwana hijau lumut disini juga dikenal dengan domba lukutan. Di kawasan Kawah Putih juga terdapat sumber lumpur hitam hangat yang diakui bisa membuat kulitmu halus dan cantiK bila dipakai masker.


                Buat kamu yang ingin ke Kawah Putih Ciwidey jangan lupa mempersiapkan segala hal yang diperlukan seperti jaket, masker, atau sarung tangan. Karena suhu di sana sangat dingin dan bau belerang yang agak menyengat.
Previous
Next Post »