Mengenal Candi Ratu Boko, Wisata yang Berbau Mistis

               
Mengenal candi Ratu Boko, wisata yang berbau mistis

Mengenal Candi Ratu Boko, Wisata yang Berbau MistisTidak sedikit orang yang tahu bahwa sebenarnya Ratu Boko bukan hanya sekedar candi, Ratu Boko atau biasa dikenal dengan Istana Ratu Boko merupakan bekas kompleks istana yang dulu pernah ada. Kompleksnya pun sangat luas dengan berbagai macam bangunan candi. 

Letak Istana Ratu Boko

            Istana Ratu Boko terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, tepatnya di sebelah selatan Candi Prambanan yang berjarak 3 km dan di sebelah timur pusat kota Jogja berjarak 18 km.  Kompleks Istana Ratu Boko ini berdiri di atas tanah seluas 25 hektar di area perbukitan.

 Sejarah dan misteri Istana Ratu Boko

            Menurut Prasasti Abhayagiri Wihara, Istana Ratu Boko dibangun pada tahun 792 M. Menurut sejarawan, situs ini dibangun oleh Rakai Panangkaran. Berdasarkan Prasasti Mandyasih, tempat ini dirubah menjadi Kraton Walaing.

            Konon katanya kompleks ini merupakan istana Ratu Bilqis yang merupakan istri Nabi Sulaiman AS. Dikabarkan juga bahwa kompleks ini juga dihuni oleh banyak makhluk halus. Tak jarang juga ada pengunjung yang bertapa pada malam hari dengan aura mistis yang kuat di area candi.

Harga tiket masuk dan jam operasional

            Objek wisata ini dibuka mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Harga tiketnya juga tidak jauh beda dengan Candi Borobudur dan Prambanan. Untuk orang dewasa ditarik tiket sebesar Rp. 25.000 dan anak-anak sebesar Rp. 10.000. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara sebesar 13 USD. Untuk kamu yang ingin menikmati sunset di Candi Ratu Boko harus merogoh uang lebih dalam lagi, karena untuk menikmati sunset harus membayar tiket sebesar Rp. 100.000.

 Even keren di Candi Ratu Boko

            Ada beberapa even keren yang diselenggarakan oleh pengelola Candi Ratu Boko yaitu Prambanan Ratu Boko Photo & Video Contest yang dilaksanakan sampai akhir September. Selain itu ada Ratu Boko Festiva yang dilaksanakan selama 6 hari di akhir September.

 Fakta Unik

            Candi Ratu Boko dikelola oleh perusahaan yang sama dengan Candi Borobudur dan Prambanan. Selain itu Candi ini juga pernah menjadi tempat syuting film “Ada Apa Dengan Cinta 2” (AADC2). Di dalam kompeks ini juga ditemukan beberapa candi kecil dan bangunan seperti Batu Kapur, Pembakaran, Paseban, Pendapa, Gua. Yang menarik perhatian adalah Keputren, yaitu bangunan yang terdapat kolam berbentuk persegi dan lingkaran.


Bagi  kamu yang sedang liburan di Yogyakarta, jangan lupa mampir ke kompeks Candi Ratu Boko ini.

Previous
Next Post »